Top Ad unit 728 × 90

Memulai Bisnis Online Buat Si Pemula

Bisnis online saat ini sedang menjadi primadona dan menjadi sebuah pekerjaan baru bagi masyarakat yang belum bekerja, bahkan yang sudah bekerja-pun ikut masuk ke dalam bisnis online untuk mendapatkan pendapatan lebih. Bisnis online sekarang tidak bisa diremehkan lagi, karena dapat memberikan keuntungan yang besar bagi orang yang menekuninya. Sudah banyak yang menjadi contohnya dan sukses pada bisnis ini.



Bisnis online dipilih karena memberikan waktu kerja yang fleksibel dan dapat dikerjakan dari mana saja. Ini tentu sebuah pilihan yang akan disenangi semua orang ketimbang harus pergi ke kantor pagi-pagi dan pulang malam hari dengan hanya mendapatkan gaji yang segitu saja.

Tapi dalam menjalankan bisnis online perlu perencanaan yang matang agar dapat memberikan Anda keuntungan yang maksimal. Hal ini tentu menjadi sebuah kendala bagi para pemula yang ingin memulai bisnis dibidang ini. Jika Anda merupakan seorang pemula yang ingin memulai bisnis online, maka Anda perlu untuk memperhatikan beberapa hal berikut agar bisnis online Anda tidak rugi bahkan gagal ditengah jalan.

"Tentukan Produk yang Akan Di Jual"

Untuk memulai bisnis online, langkah pertama yang harus Anda putuskan adalah menentukan produk atau jasa apa yang akan Anda jual. Untuk menentukannya cobalah untuk melakukan riset kecil-kecilan, coba untuk mencari tahu produk atau jasa apa yang banyak dicari orang dan cepat laku ketika dijual online. Contohnya, sekarang ini produk atau barang yang banyak dicari orang dipasaran online adalah produk fashion dan gadget.

Tapi jika Anda ingin menjual jasa, Anda dapat mencoba untuk memberikan jasa pembuatan website dan penulis lepas. Anda juga dapat menjual ebook yang sedang laris dijual online. Jika Anda tidak memiliki modal, Anda dapat memulai bisnis online dengan menjual produk milik orang lain yang dapat dikenal dengan sebutan reseller atau dropshipper. Untuk memulainya memang cukup sulit, karena Anda perlu mengenalkan brand toko online Anda ke masyarakat, maka Anda perlu melakukan perencanaan yang sangat matang sebelum melakukan apapun pada bisnis online ini.

"Tentukan Media Tempat Anda Berjualan"

Tahap ini sedikit lebih mudah dibanding tahap pertama, tapi Anda perlu memiliki keahlian jika ingin melakukannya sendiri. Saat ini sudah banyak media sosial yang dapat Anda manfaatkan sebagai tempat Anda mempromosikan produk Anda, jadi Anda tidak perlu bingung lagi untuk mempromosikan toko online Anda.

Untuk para pemula, Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram, yang cukup mudah dan juga gratis. Selain itu juga ada media jual beli yang dapat Anda gunakan secara gratis seperti, Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, OLX, dan lainnya. Jika bisnis Anda sudah berkembang, Anda dapat menggunakan blog berbayar yang lebih profesional untuk mempromosikan produk Anda, dengan ini toko online Anda akan terlihat lebih profesional. Untuk mendapatkanya Anda perlu untuk membeli domain dan menyewa hosting dengan harga yang bervariasi.

"Perawatan Toko Online"

Jika Anda sudah memiliki media sosial dan blog untuk toko online Anda, maka Anda perlu untuk melakukan perawatan. Cara ini tidak sulit, hanya cukup sering melakukan pengecekan, memposting konten baru, membalas komentar dari konsumen, menghapus produk yang sudah tidak diperlukan. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk membauat konsumen atau pengunjung toko online Anda tidak bosan.

Anda perlu untuk membuat toko online yang menarik, unik dan kreatif. Tapi tetap simple, agar pengunjung toko online betah berlama-lama berada dalam toko online Anda. Berikan informasi mengenai produk dan jasa Anda sedetail mungkin dan lakukan promosi dengan baik dan sering. Dan yang paling utama adalah menjaga kepercayaan pelanggan toko online Anda, agar pelanggan Anda puas dan membeli kembali pada toko online milik Anda.
Memulai Bisnis Online Buat Si Pemula Reviewed by Boga Aink Kuliner Kekiniana on 3:01 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

All Rights Reserved by Boga Aink © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.